Beauty Talks

Cara Sederhana Menentukan Kondisi Kulit Wajah

Saya telah membahas mengenai pengenalan jenis kulit beserta karakteristiknya di postingan sebelumnya, jadi pastikan kamu membaca postingan pertama sebelum kamu membaca postingan ini ya ! 

(Klik di sini : Tips Mengenal Jenis Kulit)

Kali ini, saya akan membahas metode apa yang bisa kamu gunakan untuk mengidentifikasi kondisi kulit yang sedang kamu alami. Banyak metode yang dapat kita temukan untuk mengidentifikasi jenis kulit. Namun, metode yang menarik perhatian saya adalah metode penggunaan blotting paper atau kertas minyak sebagai alat ukur kadar sebum atau minyak wajah. Saya menggunakan sedikit modifikasi pada metode ini agar hasil yang didapatkan lebih akurat. 

Tanpa perlu berteleh-teleh lagi, mari kita mulai, Fellas!

What to Have 

Kamu hanya perlu menyiapkan sabun cuci muka dan empat lembar blotting paper atau kertas minyak. Jangan menggunakan scrub atau sabun wajah yang mengandung butiran scrub. Scrub memang baik untuk mengeksfoliasi kulit wajah, namun metode ini mengharuskan kita dalam kondisi bare face. Penggunaan scrub akan membuat wajahmu terasa kering. Hal ini bisa menjadikan observasi kita menjadi tidak akurat.

 

What to Do

  • Langkah pertama yang kamu lakukan adalah dengan membersihkan wajahmu dengan sabun cuci muka. Saya menyarankan metode ini dilakukan saat bangun tidur di pagi hari.
  • Setelah mencuci wajah dengan bersih, biarkan saja wajahmu tanpa menggunakan produk apapun. Lalu, lakukan aktivitasmu selama tiga puluh menit. Pastikan kamu tidak menyentuh wajahmu dengan tangan apapun alasannya.
  • Setelah tiga puluh menit. Cuci bersih tanganmu, lalu keringkan tanganmu.
  • Ambil empat lembar kertas minyak atau blotting paper. Tempelkan kertas minyak di dahi, pipi kanan, hidung, dan dagu. Jangan menekan kertas minyak secara berlebihan, biarkan kertas minyak hanya menyerap minyak yang sudah ada di permukaan kulit.
  • Cabut kertas minyak satu persatu dan perhatikan kadar minyak yang ada.

 

It’s Time to Analyze !

  • Wajah Berminyak

Jika dari keempat kertas tersebut, semuanya menunjukkan minyak yang sangat jelas, maka wajah kamu tergolong berminyak. Biasanya wajah berminyak akan terlihat sangat mengkilap jika dilihat melalui cermin. Wajah berminyak yang disentuh akan terasa sedikit licin, dan jari yang menyentuh wajah akan langsung terasa berminyak.

  • Wajah Kombinasi

Perhatikan keempat kertas tersebut, apakah terdapat perbedaan yang sangat signifikan atau tidak. Jika, kamu melihat terdapat satu atau dua kertas dengan kadar minyak yang lebih banyak daripada kertas lainnya, maka wajahmu merupakan jenis kulit kombinasi. Selanjutnya, kamu harus menyentuh wajahmu di bagian wajah yang kadar minyaknya lebih sedikit. Jika terasa kering maka kulitmu termasuk kombinasi cenderung kering atau normal to dry. Jika terasa masih lembab atau sedikit berminyak maka kulitmu termasuk jenis kombinasi cenderung berminyak atau normal to oily.

  • Kulit Normal

Jika dari keempat kertas tersebut menunjukkan tanda minyak yang sangat sedikit bahkan hampir tidak ada, dan tidak ada perbedaan yang signifikan antara keempatnya. Maka wajahmu bisa saja termasuk kulit normal atau kering. Cara memastikannya adalah dengan memegang wajahmu dengan tangan, jika kulitmu adalah jenis normal, maka wajahmu akan terasa lembab.

  • Kulit Kering

Seperti yang saya katakan sebelumnya, hasil uji kertas minyak antara kulit normal dan kering biasanya tidak terlalu jauh berbeda. Minyak yang menempel di kertas minyak sangat sedikit bahkan tidak ada. Namun, yang membedakannya adalah kulit kering akan terasa kering bahkan kasar saat disentuh dengan tangan.

 

Special for Sensitive Skin

Cara di atas akan membuatmu mendapatkan sampai dimana tingkat produksi sebum atau minyak wajahmu. Apabila kamu ingin mengetahui wajahmu termasuk kulit sensitif atau tidak, kamu bisa mereview kembali seberapa sering kamu merasakan efek gatal, kemerahan, bahkan hingga munculnya jerawat yang berlebihan setiap berganti produk skincare.

Jika, hampir setiap berganti skincare, kulitmu selalu memberikan respon yang terlalu kentara. Maka, wajahmu memang tergolong sensitif. Saya menyarankan cara terbaik untuk memastikannya adalah dengan melakukan konsultasi dengan dokter kulit atau dermatologist. Hal ini karena banyak faktor yang bisa membuat kulit menjadi sensitif seperti cuaca yang terlalu ekstrem, alergi, penyakit kulit bawaan, nutrisi, dan lain-lain. 

 

Karin’s Mini Research

Saya melakukan percobaan sederhana kepada empat orang yang berbeda dan dilakukan secara random. Berikut ini merupakan hasil dari percobaan sederhana saya.

Responden 1

Kertas Minyak responden pertama menunjukkan bahwa daerah berminyak terdapat di bagian pipi kanan dan hidung, sedangkan daerah yang jauh lebih kering terdapat pada daerah dahi dan dagu. Saya mohon maaf sebelumnya, gambar yang satu ini tidak dilengkapi dengan kertas minyak bagian hidung karena ada kesalahan teknis. Kulit respoden yang satu ini sebenarnya masih terdapat kelembaban sekalipun di area yang terlihat kering, hal ini bisa kamu lihat di foto bagian dagu dan dahi. Ini menunjukkan bahwa responden ini memiliki kulit jenis kombinasi cenderung berminyak atau normal to oily.

Responden 2

Responden kedua memiliki daerah berminyak pada bagian dahi dan hidung, sedangkan bagian pipi kanan dan dagu merupakan daerah yang lebih kering. Coba kalian perhatikan daerah kering pada responden kedua, daerah ini benar-benar kering. Saat disentuh, pipi dan dagu responden ini juga kering. Hal ini berbeda dengan daerah kering milik responden pertama yang masih terdapat kadar minyak. Responden ini juga mengatakan bahwa dia sering memberikan sedikit tambahan essence pada bagian kering tersebut karena dia merasakan daerah pipi dan dagu terlalu kering. Ini sudah menunjukkan dengan jelas bahwa responden kedua memiliki jenis kulit kombinasi cenderung kering atau normal to dry.

Responden 3

Kalau dilihat secara kasat mata, keempat kertas minyak ini tidak menunjukkan tanda-tanda berminyak apapun. Namun, jika dilihat secara langsung dan diterawang dengan cahaya matahari, akan terlihat minyak yang jumlahnya sangat sedikit, hampir tidak terlihat, maka wajar saja saat difoto dengan kamera, minyak dari keempat tersebut tidak terlihat sama sekali. Saya mencoba memastikan kembali dengan menyentuh tesktur kulit ini secara langsung. Meskipun terlihat kering, namun ternyata kulit ini sangat lembab. Maka, kulit responden ini termasuk dalam jenis kulit normal.

 

Responden 4

Responden ini benar-benar membuat saya sedikit shock. Kertasnya benar-benar kering kecuali bagian hidung. Bagian hidung hanya menunjukkan sedikit sekali minyak dan benar-benar harus dilakukan penerawangan dan dilihat secara dekat, baru kita dapat melihat minyaknya. Saat disentuh, kulitnya benar-benar kering. Tidak diragukan, ini adalah jenis kulit kering.

SPECIAL NOTES :

Kondisi kulit yang dimiliki setiap orang nyatanya tidak bersifat permanen. Bisa jadi kamu memiliki kulit berminyak di minggu ini, lalu di minggu berikutnya kamu akan merasa kulitmu sangat kering. Hal ini karena banyak hal yang bisa mempengaruhi kondisi kulit seperti kondisi lingkungan, kondisi fisik dan psikologis, serta pola hidup. Jadi, jika kamu ragu, kamu bisa melakukan testing ulang pada kulitmu dengan metode di atas. 

Terima kasih telah membaca.

Karina

A girl who falls in love with skincare and has many intention to try something new.

You may also like...

4 Comments

  1. Makaksi loh infonya, akan saya coba terapkan dirumah, sepertinya mudah

    1. Karina says:

      Selamat mencoba

  2. […] Klik di sini untuk ketahui jenis kulitmu […]

  3. […] Baca juga : cara sederhana menentukan kondisi kulit wajah […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *