Beauty Talks

Skincare and The Beginner

Modern ini, banyak sekali jenis skincare yang dibuat oleh bermacam brand. Jika kamu merupakan seorang pemula, berbagai pertanyaan akan datang menghantuimu seperti harus mulai darimana, apakah semua produk harus dipakai bersamaan, apakah semuanya akan cocok di wajahmu, dan pertanyaan-pertanyaan lainnya yang mengakibatkan munculnya ketakutan seorang pemula sebelum memilih skincare. Kenyataannya memulai skincare routine tak semenakutkan itu kok. Kali ini saya akan memberi kalian sedikit saran bagaimana memulai skincare routine berdasarkan pengalaman saya dari semasa remaja hingga memasuki usia 20-an.

Selamat membaca, fellas !

 

Kunci Kesuksesan Skincare : Sabar

Skincare bukanlah hal yang instan. Jika, kamu ingin benar-benar sukses dengan menggunakan skincare, kamu harus menyiapkan sebuah komitmen. Tidak perlu menggunakan berpuluh-puluh step skincare, yang paling terpenting adalah kamu harus menjadi seseorang yang konsisten, gigih, dan sabar saat menggunakan skincare.

Contoh yang paling sederhana adalah jika kamu pulang kerja di malam hari dengan keadaan make up yang masih ada di wajahmu, apalagi kamu terpapar dengan udara bebas dan polutan, kamu harus tetap menjaga komitmen untuk membersihkan wajahmu dan memakai skincare routine sebelum tidur meskipun kamu sedang merasa sangat lelah. Jadi, pastikan kamu selalu menjaga komitmenmu demi kulit yang sehat.

Kenali Jenis Kulitmu

Produk skincare akan bekerja dengan optimal apabila formulasi produk tersebut sesuai dengan jenis kulit si pemakai. Oleh karena itu, mengenal jenis kulit merupakan proses yang paling penting sebelum memilih skincare agar kamu mempunyai pedoman mengenai skincare apa yang kulitmu butuhkan. 

Klik di sini untuk ketahui jenis kulitmu

Basic Skincare Step

Secara umum basic skincare yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut:

Morning Routine 

Second Cleanser – Hydrating Toner – Moisturizer – Protector

Afternoon and Night Routine

First Cleanser – Second Cleanser – Hydrating Toner – Moisturizer

  • Cleansing

Cleansing merupakan tahap paling penting dalam dunia skincare. Proses ini bisa diibaratkan seperti fondasi di sebuah bangunan. Rumah tanpa fondasi bisa membuat rumah yang mahal dan mewah sekalipun akan runtuh seketika. Begitu juga dalam skincare step, jika kamu tidak bisa memilih produk cleanser yang efektif, maka serum mahal sekalipun tidak akan bisa membuat wajahmu menjadi sehat. Hal ini dikarenakan skincare selanjutnya tidak bisa terserap dengan baik apabila masih terdapat kotoran di permukaan kulit wajah.

Bicara tentang pembersih wajah, kamu mungkin pernah mendengar istilah double cleansing.  Double Cleansing merupakan teknik membersihkan wajah dengan cara menggunakan dua jenis pembersih yang berbeda. Teknik ini hanya perlu kamu lakukan saat kamu sedang memakai make up atau saat kamu merasa terpapar polutan. Jadi, jangan gunakan teknik ini di saat kamu bangun tidur di pagi hari. Pada pagi hari, kamu cukup menggunakan sabun cuci wajah yang ringan dan lembut sebelum memulai skincare routine.

  • First Cleanser

Pembersih pertama atau biasa disebut first cleanser digunakan untuk membersihkan wajah dengan menyeluruh, hal ini agar kotoran dan produk yang terdapat di permukaan kulit terangkat dengan sempurna. Contoh first cleanser yang sering kita temui adalah cleansing water, cleansing oil, cleansing balm, cleansing milk, facial wipes, dan cleansing cream. Jika kamu menggunakan waterproof makeup yang sedikit susah terangkat seperti waterproof mascara ataupun waterproof eyeliner sebaiknya kamu menyiapkan cleanser khusus yang dapat membersihkan waterproof makeup.

  • Second Cleanser

Pembersih kedua atau second cleanser berfungsi untuk membersihkan residu yang masih tertinggal dan tidak terjangkau oleh pembersih pertama. Pembersih kedua biasanya lebih dikenal dengan istilah sabun wajah. Sabun wajah yang saya maksud adalah sabun wajah yang tidak mengandung butiran scrub seperti foam cleanser, facial wash, cleansing gel ataupun sabun batang.

  • Hydrating Toner

Toner merupakan skincare yang memiliki fungsi untuk menyeimbangkan kondisi kulit sekaligus memastikan tidak ada sisa kotoran yang menempel setelah proses cleansing. Sebenarnya ada dua jenis toner yang ada di dalam dunia skincare yaitu, hydrating toner dan exfoliating toner. Hydrating Toner adalah toner yang berfungsi untuk menghidrasi atau melembabkan kulit, sehingga kulit akan lebih siap untuk menerima skincare berikutnya. Sedangkan exfoliating toner berfungsi untuk mempercepat proses eskfoliasi kulit mati pada wajah, sehingga memudahkan kulit wajah untuk beregenerasi menjadi kulit baru yang lebih sehat.

Gambar di atas merupakan contoh exfoliating toner dan hydrating toner, namun saya secara pribadi tidak menyarankan pemula untuk langsung menggunakan exfoliating toner terlebih dahulu

Membedakan hydrating toner dan exfoliating toner merupakan hal yang mudah. Exfoliating toner biasanya mengandung AHA (alpha hidroxy acids), BHA (beta hidroxy acids), dan PHA (poly hidroxy acids). Saya sarankan untuk menghindari ketiga kandungan tersebut terlebih dahulu sebelum kamu benar-benar memahami cara menggunakan exfoliating toner yang tepat.

  • Moisturizer

Moisturizer atau pelembab merupakan skincare yang berfungsi untuk melembabkan dan mengunci kelembaban kulit. Sehingga kelembaban kulitmu tetap akan terjaga meskipun kamu menggunakan make up ataupun terpapar polusi. Pelembab biasanya disebut krim pagi dan krim malam. Pemilihan pelembab harus sesuai dengan jenis kulit. Cara termudah untuk mengetahuinya adalah dengan melihat klaim dari produk tersebut, biasanya setiap produk sudah mencantumkan jenis kulit apa yang sesuai dengan produk tersebut atau kamu bisa meminta bantuan kepada mbak-mbak beauty advisor yang ada di toko yang menjual skincare.

  • Protector

Melindungi wajah dari paparan sinar matahari adalah hal yang sangat penting. Perawatan skincare akan menjadi sia-sia apabila wajah terpapar sinar matahari tanpa perlindungan. Oleh karena itu penggunaan sunscreen atau sunblock merupakan hal yang sangat penting. Sebaiknya pilihlah sunscreen atau sunblock dengan SPF 30 dan PA++. SPF atau sun protection factor berfungsi untuk melindungi wajah dari paparan sinar UVB, sedangkan PA berfungsi untuk melindungi wajah dari paparan sinar UVA.

Tips Menggunakan sunscreen/sunblock

  • Pakailah sunscreen/sunblock meskipun kamu memakai moisturizer yang mengandung SPF
  • Pakailah sunscreen/sunblock sebanyak dua ruas jari seperti gambar di bawah ini untuk seluruh wajah beserta leher
  • Pakailah sunscreen/sunblock 15 menit sebelum keluar rumah
  • Jangan malas untuk re-apply sunscreen/sunblock

 

SPECIAL NOTES FOR BEGINNERS

  • Tidak mencampur Basic Skincare dengan Produk lain sebelum menemukan produk yang cocok dengan kulitmu
  • Pilihlah drugstore brand yang sudah terpercaya dan terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan atau BPOM.
  • Menggunakan skincare dalam satu rangkaian varian dan brand yang sama sebelum menemukan produk yang cocok dengan kulitmu. Hal ini dikarenakan skincare dalam satu rangkaian biasanya sudah dirancang memiliki kadar yang seimbang, sehingga risiko untuk terjadinya efek negatif lebih kecil.
  • Skincare akan dikatakan cocok dengan wajahmu apabila produk tersebut tidak menimbulkan efek negatif seperti beruntusan, gatal, kemerahan, dan efek responsif lainnya.
  • Apabila kamu sudah terbiasa dan menemukan produk yang cocok terhadap keempat step ini, kamu boleh mulai mencari produk skincare tambahan apa yang sesuai dengan masalah kulitmu. 
  • Gunakan produk baru satu persatu terlebih dahulu, jangan menggunakan lebih dari satu produk baru dalam waktu bersamaan. Tujuannya adalah jika timbul masalah pada wajahmu, kamu bisa mengidentifikasi produk mana yang tidak cocok dan harus dihentikan pemakaiannya.

Jangan menyerah dalam mencari skincare terbaik, kesehatan kulit adalah investasi jangka panjang yang bisa kamu nikmati di hari tuamu.

Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca fellas!

Karina

A girl who falls in love with skincare and has many intention to try something new.

You may also like...

1 Comment

  1. […] usia yang terlambat untuk memulai skincare routine ? Tidak ada kata terlambat kok, cukup mulai dari Basic Skincare sederhana terlebih dahulu […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *