Beauty Talks

Tips Mengenal Jenis Kulit

Bergonta-ganti skincare memang bukanlah hal yang baru bagi saya. Namun, percaya atau tidak kunci utama dalam memilih skincare adalah memahami kulitmu sebaik mungkin. Lalu bagaimana caranya memahami kulit wajah sebaik kalian memahami kehidupan, berikut ini adalah cara saya mengenal kulit wajah saya

Kenali Jenis Kulitmu


Kalau kalian rajin membaca berbagai artikel kecantikan, kalian akan menemukan berbagai macam jenis kulit mulai dari normal, kering, berminyak, sensitif, dan kombinasi. Kondisi kulit semacam ini merupakan kondisi bawaan sejak lahir yang rasanya hampir tidak mungkin untuk dihilangkan. Saya akan mencoba menjelaskan jenis-jenis kulit ini satu persatu.

Kulit normal merupakan kulit dengan kondisi kelembaban yang seimbang sehingga tidak terlalu kering ataupun berminyak. Tidak hanya itu, kulit normal biasanya hampir tidak memiliki imperfection seperti warna kulit tidak merata, kerutan, bekas jerawat, dan lain-lain.

Kulit berminyak biasanya memiliki kadar kelembaban yang lebih tinggi dari kulit normal karena kelebihan sebum atau minyak yang dihasilkan dari kelenjar minyak dalam tubuh. Hal inilah yang menyebabkan kulit berminyak lebih cepat mengeluarkan minyak dibandingkan kulit normal.

Kulit kering memiliki kadar sebum yang lebih sedikit daripada kulit normal, sehingga kelembaban yang dimiliki kulit kering cenderung lebih rendah. Hal ini berisiko membuat kulit memiliki kerutan dini.

Kulit kombinasi merupakan perpaduan antara kulit berminyak dan kulit kering. Jika kamu merasa wajahmu terasa lebih kering di beberapa area, namun sebagian lainnya malah terasa berminyak, maka kulitmu merupakan kulit kombinasi.

Kulit sensitif merupakan kulit yang paling responsif. Biasanya kulit sensitif akan memberikan reaksi yang lumayan ekstrim seperti kemerahan, gatal-gatal, hingga seperti terbakar. Cara terbaik dalam memastikan jenis kulitmu adalah dengan melakukan pengecekkan kepada dermatologist atau dokter spesialis kulit.

Ketahui Kondisi Lingkungan
Selain mengetahui kondisi kulit bawaan, kamu juga harus bisa membaca situasi lingkungan yang ada. Contoh sederhana, kulit kamu adalah jenis berminyak tetapi kamu bekerja di sebuah kantor dengan AC yang sangat dingin. Setelah keluar dari kantor, kulit kamu pasti tetap terasa kering dan butuh skincare yang bisa menghidrasi kulitmu. Sehingga, tak selamanya skincare yang menghidrasi hanya berfungsi untuk kulit normal atau kering.

Cari Permasalahan Kulitmu
Setelah mengetahui kondisi kulit bawaan dan situasi lingkungan, kamu juga harus memahami titik masalah pada kulitmu. Kamu tidak bisa mengeneralisasikan masalah kulit hanya dengan mengetahui kondisi kulit bawaan saja. Saya merupakan salah satunya. Kulit saya cenderung kering namun saya sedikit bermasalah dengan large pores. Inilah mengapa saya selalu berusaha mencari produk yang tidak akan membuat pori-pori semakin besar, solusinya dengan menggunakan produk yang mengandung sedikit bahan-bahan yang bersifat comedogenic. Jadi, pastikan kamu memahami titik masalah dari wajahmu sendiri.

Ketahui Pantangan-Pantangan Kulitmu
Hal yang tak kalah pentingnya adalah kamu harus mengetahui pantangan-pantangan apa yang dimiliki oleh wajahmu. Mungkin saja, kamu memiliki suatu alergi terhadap suatu tanaman, maka kamu harus memastikan setiap produk yang kamu gunakan bebas dari tanaman itu. Bahkan, tak ada salahnya mencari tau nama latin guna berjaga-jaga. Hal yang lumrah kita temui di kehidupan sehari-hari bahwa produk hanya menyebutkan bahan-bahan utama, bahan-bahan pelengkap biasanya hanya disebutkan dengan bahasa latin.

Beberapa brand produk organik ternama bahkan membuat website khusus yang memuat tentang informasi tanaman dalam kandungan produk mereka secara detail, mulai dari nama latin, asal tumbuhan, sampai manfaatnya.

Yves Rocher merupakan salah satunya. Produk dari Prancis ini sudah sangat terkenal dan dipercaya sebagai salah satu Botanical Skincare terbaik di dunia.

(Klik di sini : Yves Rocher Herbarium )

The Body Shop. Brand Eropa asal Inggris ini juga memiliki website yang berfungsi sama seperti herbarium.

(Klik di sini : The Body Shop All Ingredients_)

Innisfree. Brand Asia asal Korea Selatan ini juga tidak kalah dengan brand Eropa, Mereka juga memiliki website khusus terkait tumbuhan dalam kandungan produk mereka.

(Klik di sini : About Innisfree Ingredients)

Fellas, tidak ada salahnya kan mengenal baik kulitmu sebaik kamu mengenal karaktermu sendiri. Selamat mencoba.

Karina

A girl who falls in love with skincare and has many intention to try something new.

You may also like...

15 Comments

  1. Nabilah says:

    masyaAllah bermanfaat banget kak

    1. Karina says:

      Aamiin

  2. W(Y)RP says:

    Sis, mau nanya nih. Klo untuk kulit kombinasi dan large pores biasanya jenis skin care yg cocok apa yah? Maacih :3

    1. Karina says:

      Pastikan duluya kombinasinya lebih cenderung kering atau berminyak. Biasanya beberapa skincare sudah mencantumkan produk mana yang bisa dipakai kulit kombinasi dengan kata kunci normal to dry untuk kulit kombinasi yang cenderung kering dan normal to oily untuk kulit kombinasi yang cenderung berminyak

  3. Love this!!! ❤

    1. Karina says:

      Thankyou

  4. Muspita says:

    Hi karin. Kalo buat kulit sensitif itu apakah semua masalah kulit ex.jerawat, berminyak, large pore, dan comedo itu mudah nempel di kulit sensitif?

    1. Karina says:

      Halo Muspita, ya benar kulit sensitif memang lebih rentan memiliki masalah kulit seperti jerawat. Namun yang harus digarisbawahi hal tersebut dikarenakan respon terhadap faktor lingkungan seperti produk yang dipakai, makanan, bahkan sampai kualitas lingkungan.

  5. Great article! Semoga makin banyak postingan bermanfaat

    1. Karina says:

      Terima kasih ya☺

  6. Amelia says:

    Hai sis, mw tnya nih gimana caranya atau skincare apa yang seharusnya dipake agar wajah tidak kusam dan berminyak? Gomawo ^_^

    1. Karina says:

      Halo, sebaiknya pakai skincare yang khusus untuk mengontrol wajah berminyak, biasanya dengan kode tanda sebum control, atau bisa dengan menggunakan skincare dengan kandungan tea tree atau charcoal. Saya juga tidak merekomendasikan penggunaan kertas minyak ya, gunakan kertas minyak hanya dalam kondisi darurat saja.
      Cara terbaik untuk mengatasi wajah kusam adalah rajin pakai sunblock atau sunscreen, dan yang paling penting adalah jaga pola tidur ya

  7. Ccantik says:

    Sukaaa ,, tapi gimana biar muka gak berminyak , tapi gak paket perawatan yg banyak ? Haha

    1. Karina says:

      Halo, perawatan yang terlalu banyak justru bisa membuat wajah malah semakin bermasalah ya. Jadi gunakan saja skincare sesuai kapasitas karena kemampuan setiap kulit untuk bisa menerima skincare berbeda-beda. Yang terpenting jaga kebersihan, tapi jangan terlalu sering membersihkan wajah, maksimal 3 kali sehari cukup. Pilih skincare khusus yang diformulasikan untuk wajah berminyak ya

  8. […] (Klik di sini : Tips Mengenal Jenis Kulit) […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *